Blog ini di buat untuk sekedar share ilmu khususnya ilmu keperawatan yang telah saya dapatkan dari berbagai sumber. Mungkin masih banyak kekurangan dan kesalahan dalam materi yang di posting di blog ini untuk itu mohon masukan dan kritikannya dan jangan lupa kalau copas disertakan yah url blognya sebagai referensi hehehe. (Semoga bermanfaat).

Jumat, 24 Juli 2015

TREND ISU DALAM PENGOBATAN


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
            Kesehatan yang baik tergantung pada lingkungan yang aman. Praktisi atau teknisi yang memantau untuk mencegah penularan infeksi membantu melindungi klien dan pekerja keperawatan kesehatan dari penyakit.Klien dalam lingkungan keperawatan beresiko terkena infeksi karena daya tahan yang menurun terhadap mikroorganisme infeksius,meningkatnya pajanan terhadap jumlah dan jenis penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme dan prosedur invasif dalam fasilitas perawatan akut atau ambulatory,klien dapat terpajan pada mikroorganisme baru atau berbeda,yang beberapa dari mikroorganisme tersebut daaapat saja resisten terhadap banyak antibiotik. Dengan cara mempraktikan teknik pencegahan dan penembalian infeksi perawat dapat menghindarkan penyebaran mikroorganisme terhadap klien.

1.2    Rumusan Masalah
            Bagaimana trend dan issue pengobatan itu ?

1.3    Tujuan
Makalah ini di buat dengan  tujuan agar mahasiswa, tenaga kesehatan atau tenaga medis dapat memahami trend dan issue pengobatan.


1.4    Manfaat
Makalah ini di buat oleh kami agar kami memahami dan mengaplikasikan langsung dalam proses keperawatan hususnya tentang trend issue pengobatan.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian trend
Trend adalah hal yang sangat mendasar dalam berbagai pendekatan analisa, trend juga dapat didefinisikan salah satu gambaran ataupun informasi yang terjadi pada saat ini yang biasanya sedang populer dikalangan masyarakat

Konsep dasar tentang tren (trend) adalah hal yang sangat mendasar dalam berbagai pendekatan analisa pasar berbasis teknikal. Semua tool yang digunakan chartistseperti level support dan resistance, price patterns, moving average, trendline, dll, semuanya bertujuan sama yaitu untuk membantu mengukur tren pasar, dalam rangka berpartisipasi dalam tren tersebut. Anda mungkin sering mendengar istilah populer seperti “always trade in the direction of the trend”, “never buck the trend”, atau “the trend is your friend”. Tulisan singkat ini mencoba mengupas dan mendefinisikan apa yang dimaksud dengan tren dan mengklasifikasikannya dalam beberapa kategori.

            Secara umum, tren adalah ke arah mana pasar bergerak. Tapi kita membutuhkan definisi yang lebih akurat untuk dapat memanfaatkannya dalam analisa teknikal. Pertama yang harus diingat adalah bahwa gerakan harga tidak berbentuk garis lurus ke satu arah. Pasar bergerak dalam bentuk serangkaian zigzag. Gerakan Zigzag ini membentuk rangkaian gelombang yang berurutan, dengan puncak (peak/top) dan “tembusan” (through) yang cukup jelas. Arah peak dan through ini yang menentukan tren pasar.



            Peak dan through ini bergerak naik, turun, atau menyamping (sideways). Arah gerakan inilah yang memberitahukan kita tentang tren pasar. Sebuah tren menaik (uptrend) didefinisikan sebagai serangkaian urutan peak dan through yang menaik.

2.2  Pengertian Issue
Isu adalah suatu peristiwa atau kejadian yang dapat diperkirakan terjadi atau tidak terjadi pada masa mendatang, yang menyangkut ekonomi, moneter, sosial, politik, hukum, pembangunan nasional, bencana alam, ataupun tentang kritis.
Isu adalah sesuatu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang namun masih belum jelas faktanya atau buktinya.

Pengertian Issue yang lain :
1.Suatu konsekuensi atas beberapa tindakan yang dilakukan, atau diusulkan untuk dilakukan, oleh satu atau beberapa pihak yang dapat menghasilkan negosiasi dan penyesuaian sektor swasta, kasus pengadilan sipil atau kriminal, atau dapat menjadi masalah kebijakan publik melalui tindakan legislative atau perundangan (Hainsworth dan Meng)

2.Issue” sebagai ‘suatu pertanyaan tentang fakta, nilai atau kebijakan yang dapat diperdebatkan’ (‘a contestable question of fact, value or policy’ (Heath & Nelson (1986)

3.Suatu kesenjangan antara praktek korporat dengan harapan-harapan para stakeholder’ (‘a gap between corporate practice and stakeholder expectations’). Dengan kata lain, sebuah issue yang timbul ke permukaan adalah suatu kondisi atau peristiwa, baik di dalam maupun di luar organisasi, yang jika dibiarkan akan mempunyai efek yang signifikan pada fungsi atau kinerja organisasi tersebut atau pada target-target organisasi tersebut di masa mendatang (Regester & Larkin (2003:42)

2.3 Pengertian pengobatan
Pengobatan adalah ilmu dan seni penyembuhan. Bidang keilmuan ini mencakup berbagai praktek perawatan kesehatan yang secara kontinu terus berubah untuk mempertahankan dan memulihkan kesehatan dengan cara pencegahan dan pengobatan penyakit.
Pengobatan kontemporer meliputi ilmu kesehatan, penelitian biomedis, dan teknologi medis untuk mendiagnosa dan mengobati cedera dan penyakit, tidak hanya melalui obat atau operasi, tetapi juga melalui terapi yang beragam seperti psikoterapi, splints eksternal & traksi, prostesis, biologis, radiasi pengion dan lain-lain. Kata "Pengobatan" ini berasal dari bahasa Latin yaitu ars medicina, yang berarti seni penyembuhan.
Meskipun teknologi medis dan keahlian klinis sangatlah penting untuk pengobatan kontemporer, kesuksesan pengobatan melalui cinta dan kasih sayang, sangatlah diperlukan untuk meringankan penderitaan, seperti perawatan Kangaroo Care. Cara pengobatan ini dikenal dalam bahasa Inggris sebagai bedside manner.

2.4 Trend isu dalam pengobatan
Trend issue dalam pengobatan merupakan salah satu gambaran ataupun informasi pengobatan yang terjadi pada saat ini yang biasanya sedang populer dikalangan masyarakat tentang fakta, nilai atau kebijakan yang dapat diperdebatkan.

Obat Herbal adalah obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, karena tidak mempunyai efek samping seperti pada obat-obatan kimia. Sejarah perjalanan Obat Herbal, yaitu jamu Cina, ayurveda jamu dan jamu barat, yang mencapai dari Yunani, Roma, dan Eropa kemudian secara bertahap harus bergabung di Amerika Utara dan Selatan. obat Herbal memiliki kemampuan menyembuhkan berbagai penyakit, dari penyakit yang ringan seperti flu, sampai berbagai penyakit berat lainnya seperti penyakit darah tinggi, asma, nyeri, dan gangguan kardiovaskular, kanker, dan lain sebagainya.
Pada abad ke-19 para ilmuwan mulai menemukan bahwa semua kandungan obat kimia yang mereka gunakan sama dengan yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan, maka sejak itu mulailah dibuat obat sintetik yang semua bahan yang digunakan adalah obat-obatan herbal.
Berbagai penelitian obat herbal yang mereka lakukan sangat berguna untuk kita pada saat ini, terima kasih untuk mereka para ilmuwan, yang telah banyak membantu dengan hasil penelitian mereka. Penelitian yang dilakukan oleh WHO mendapatkan bahwa sekitar 80 persen manusia menggunakan tumbuh-tumbuhan sebagi obat herbal untuk perawatan kesehatan utama mereka.
Di Jerman terdapat sekitar 600-700 jenis tanaman obat herbal dan hampir 70 persen dokter meresepkan satu atau beberapa herbal lain untuk pengobatan berbagai penyakit. Kualitas tanaman herbal yang digunakan sebagai obat herbal sangat tergantung dengan alam tempat ia tumbuh, cara panen dan cara proses.
Konsep Pengobatan Herbal
1. Pendekatan yang dipakai bersifat holistic. Tubuh manusia dipandang memiliki suatu system harmoni yang selalu seimbang; tidak berfungsinya satu bagian tubuh menyebabkan ketidakseimbangan dibagian tubuh yang lain. Jika tubuh tidak mampu melakukan penyeimbangan kembali seperti keadaan semula, maka akan tibul suatu penyakit. Salah satu tujuan dari pengobatan herbal adalah membantu tubuh mengembalikan keharmonisan atau keseimbangan tubuh.
2. Selain dari faktor eksternal, pengobatan herba memahami bahwa dari dalam diri manusia terdapat kekuatan penyembuh yang datang dari faktor Spiritual, emosional, mental, dan fisikal. Kekuatan penyembuh tersebut dalam dunia medis modern dikenal dengan Sistem Imun.
3. Sistem Imun menjadi penentu utama sehat atau sakitnya seseorang. Herbalogi menaruh perhatian besar terhadap masalah imunity tersebut. Sehingga tujuan pengobatan adalah diarahkan untuk “Improve and maintain body immune system against external pathogen and pressure”.
4. Menggunakan semurni-murninya bahan dari herba sebagai obat, tanpa tambahan zat kimia sintetis.
Perbedaan Pengobatan Herbal dengan Pengobatan Kimia Sintetis
Konsep Pengobatan Herbal sangat berbeda dengan konsep pengobatan Modern (yang biasanya menggunakan Kimia Sintetis sebagai obat). Misalnya dalam pengobatan kimia sintetis penyebab penyakit adalah virus, bakteri, dan pathogen (mikro organisme pembawa penyakit); sedangkan dalam pengobatan herbal, penyebab penyakit adalah lemahnya system imun.
Berikut adalah perbedaan antara kedua konsep pengobatan tersebut:
Pengobatan Kimia Sintetis
·         Berasal dari Barat
·         Menggunakan bahan kimia sintetis
·         Daya keterserapan 50% – 70%
·         Bersifat antibiotic (racun bakteri)
·         Menurunkan system imun
·         Mengobatai gejala / Symptomatic
·         Menimbulkan efek samping
·         Khasiat lebih cepat tetapi destruktif
·         Kebanyakan mengandung zat haram
Pengobatan Herbal
·         Berasal dari Timur
·         Menggunakan bahan alamiah/organik
·         Daya keterserapan 90%
·         Bersifat probiotik
·         Meningkatkan system imun
·         Holistic / mengobati sumber penyakit
·         Tidak ada efek samping
·         Khasiat lambat tetapi konstruktif
·         Halal karena murni dari tumbuhan
















BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Trend adalah hal yang sangat mendasar dalam berbagai pendekatan analisa, trend juga dapat didefinisikan salah satu gambaran ataupun informasi yang terjadi pada saat ini yang biasanya sedang populer dikalangan masyarakat
Isu adalah suatu peristiwa atau kejadian yang dapat diperkirakan terjadi atau tidak terjadi pada masa mendatang, yang menyangkut ekonomi, moneter, sosial, politik, hukum, pembangunan nasional, bencana alam, ataupun tentang kritis.
Pengobatan adalah ilmu dan seni penyembuhan. Bidang keilmuan ini mencakup berbagai praktek perawatan kesehatan yang secara kontinu terus berubah untuk mempertahankan dan memulihkan kesehatan dengan cara pencegahan dan pengobatan penyakit.

3.2 Saran
Sebagai mahasiswa perawat sudah seharusnya kita dapat mengetahui trend dan issue pengobatan di masyarakat yang terbaru agar kita menambah wawasan baru serta kita dapat beradaptasi dengan lingkungan yang serba modern dan serba teknologi seperti sekarang ini.








DAFTAR PUSTAKA

Hariana, Drs. H. Arief, Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, seri 3 (Jakarta: Penebar Swadaya, 2008)
(Diakses pada tanggal 10 Juni 2014)
http://mediaherbal.com/pengertian-obat-herbal-12.html

(Diakses pada tanggal 10 Juni 2014)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . BEING AS NURSE - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger